Chat Admin

Blog

informasi seputar wisata dalam negeri & mancanegara


Street Food Halal Untuk Wisatawan Muslim Di Korea Selatan

SEPTEMBER 30, 2019 - ADMIN

Datang ke Korea Selatan belum afdol rasanya kalau belum mencicipi street food khas negara ini. Tapi sebagai muslim tentunya kita juga harus tetap berhati-hati untuk membeli jajanan street food yang dijajakan karena tidak tahu apakah haram atau tidak. Berikut ini adalah jajanan yang bisa wisatawan muslim coba saat bertandang ke Korea Selatan. Tips yang lainnya sebelum membeli, pastikan tanya penjaga tokonya ya tentang kandungan apa saja yang digunakan. Tapi dipastikan jajanan yang disebutkan ini aman dan tidak mengandung bahan yang diharamkan.


1. Hotteok
Jajanan ini sering muncul di drama korea. Diketahui hotteok telah ada di Korea Selatan selama kurang lebih 1000 tahun dan sekarang termasuk camilan klasik Korea Selatan. Hotteok adalah makanan camilan ringan dan manis serta lembut yang berisikan gula coklat dan jahe. Makanan manis ini akan terasa enak apalagi jika dimakan saat panas ketika sedang musim dingin di Korea Selatan. Saat ini, hotteok mengalami modernisasi dalam variasi rasanya seperti tambahan krim keju.

2. Eomuk
Alternatif makanan sehat untuk camilan khas Korea Selatan yang juga lezat dengan komposisi yang dapat mengenyangkan karna lemaknya, kue ikan yang disajikan dengan menggunakan tusuk sate ini adalah pilihan yang bagus. Cara memasaknya adalah dengan cara dikukus lalu diasinkan dengan sayuran dan kaldu seafood. Sebelum memakan Eomuk ini, masukkan ke dalam kaldu yang mengandung banyak gizi atau bumbu gochujang, yaitu saus cabai khas Korea. Informasi tambahan, biasanya penjual ini sangat baik. Mereka tidak memberikan batasan untuk kaldu dan saus lain yang mereka sajikan jadi silahkan coba Eomuk dengan saus yang diinginkan sepuasnya.

3. Haemul Pajeon
Pancake khas korea lainnya, Pajeon. Pajeon merupakan pancake yang berbahan dasar tepung gandum, adonan telur dan untuk menambah cita rasa khasnya ditambahkan batang daun bawang. Dari semua bahan dasar ini, ada tambahan bahan lain yaitu ditemani dengan udang atau cumi-cumi lalu sentuhan akhirnya adalah soy sauce dan saus cabai khas Korea. Sebenarnya Haemul Panj





on ini adalah rasa lain dari pancake yang telah ada namun jika ridak menyukai seafood wisatawan muslim bisa menggantinya ke cukup pancake dengan sayuran.

4. Yache Mandu
Ingin makan dumpling? Korea Selatan juga punya dumpling khas. Dumpling ini berisikan sayuran sehat, yang dipanggang diatas hot pan dan tentunya pilihan makanan ini sangat cocok untuk wisatawan muslim yang bisa dijadikan alternatif untuk para pecinta dumpling. Namun, sebelum membeli ini pastikan terlebih dahulu ke penjualnnya apakah ini tidak menggunakan alkohol atau daging babi.

5. Ojingeo Gui
Makanan ini cukup terkenal di Korea Selatan. Ojiengeo Gui adalah cumi-cumi tusuk. Cara penyajiannya adalah cumi-cumi yang telah ditusuk seperti tusuk sate setelah itu dipanggang menggunakan cara tradisional yaitu dengan arang. Cara memanggang seperti ini memberikan cita rasa yang berbeda yakni rasa tradisional khas masakan pedesaan. Wisatawan muslim bisa mendapatkan ini di pasar-pasar utama di Kprea atau dipinggir jalan. Perlu diketahui bahwa para penjual Ojiengeo Gui ini tidak pernah sepi pengunjung jadi bersiap saja ya untuk mengantri.

6. Bungeoppang and Gyeranppang
Pengen makan snack korea tapi yang bikin lapar para wisatawan muslim sekalian terpenuhi. Dua snack korea ini cukup bisa mengenyangkan lapar wisatawan muslim sekalian yaitu Bungeoppang dan Gyeranppang. Bungeoppang adalah roti yang berbentuk seperti ikan yang berisikan dengan pilihan rasa seperti pasta kacang merah, krim, custard dan keju. Untuk Gyeranppang adalah sebuah roti berbentuk persegi panjang yang dipermukaannya terdapat telur yang mengikuti bentuk roti. Diatasnya ditambahkan hiasan terakhir yaitu biji kacang dan peterseli. Camilan ini bisa ditemukan dipinggiran jalan. Biasanya disantap sebagai sarapan.

Nah, jadi makin semangat untuk wisata ke Korea kan ? Apalagi sudah banyak street food halal buat kita yang muslimah. Untuk info wisata halal ke Turki hubungi Royal Indonesia Travel di 0812-1718-189

 

foto prkorea