Chat Admin

Blog

informasi seputar wisata dalam negeri & mancanegara


Apa Doamu Ketika Beribadah Haji

MARCH 06, 2020 - ADMIN

Labayk Allahuma Labayk Labayk. La Shariika laka Labayk. Innal hamda wanni’mata laka wal mulk. La shariika Lak.
Tidak asing bukan dengan kata – kata di atas? Inilah ucapan yang sering didengungkan oleh para jamaah haji di seluruh dunia ketika berada di Makkah. Menunaikan ibadah haji merupakan suatu nikmat tersendiri. Apalagi jika bisa berangkat bersama keluarga menunaikan ibadah yang merupakan rukun Islam kelima ini. Ibadah haji juga merupakan manifestasi paling signifikan dari iman seorang muslim dan persatuan umat Islam di seluruh dunia.


Menjalankan ibadah haji setidaknya sekali seumur hidup, bagi muslim – muslimah yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan ke Tanah Haram. Sehat secara finansial jelas, karena perlu membiayai keluarga yang ditinggalkan dan perlu menyiapkan biaya keberangkatan. Sehat secara fisik diutamakan agar ibadah yang dijalani bisa lebih bermakna dan khusyu’, tidak terganggu atau menanggung sakit selama perjalanan yang panjang tersebut.


Dalam menunaikan ibadah ini, tentunya ada berbagai harapan dan doa yang terselip dalam hati masing – masing. Kedekatan secara fisik menghadap Allah di tanah suci, akan membuat seseorang semakin yakin dan bertambah keimanannya. Seperti mendapatkan doorprize yang bisa dimanfaatkan untuk meminta apa saja pada Sang Khaliq, ada kesempatan bonus pahala yang beribu – ribu kali lipat jika shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sungguh keuntungan yang sayang jika dilewatkan.


Doa secara umum adalah sebuah permintaan dari seorang hamba pada Rabb-Nya. Permohonan dari hamba pada Sang Khaliq yang sudah memberikan berbagai nikmat kehidupan di dunia. Doa juga sebagai jalan kedekatan antara manusia dengan pencipta-Nya. Doa ketika berhaji menjadi hal yang spesial bagi para jamaah. Karena bisa berlama – lama di Masjidil Haram ataupun di Masjid Nabawi untuk memohonnya kepada Allah, di rumahnya Allah, di tempat para Nabi dan Rasul dulu pernah ada di sana.


Lalu, adakah doa khusu





ketika hendak beribadah haji? Tidak ada doa khusus, namun dalam HR. Ibnu Majah no. 2825, disebutkan bahwa “Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah saw pergi meninggalkanku dan beliau mengucapkan, “Astawdi’ukallaha alladzi laa tadhi’u wa daai’uhu (Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya)”. Jadi hanya doa safar yang diucapkan oleh jamaah ketika berangkat haji kepada keluarga yang ditinggalkan. Adapun doa – doa lain ketika ritual ibadah haji tidak ada ketentuan khusus dari Rasulullah, sehingga para jamaah haji boleh berdoa sesuai dengan keinginan dan harapan masing – masing untuk kebaikan di dunia maupun di akhirat.


Berdoalah dengan penuh rasa takut dan khusyu’ di hadapan Allah, baik mulai dari proses persiapan di tanah air, di perjalanan, hingga sampai di tanah suci. Justru ketika beribadah haji, setiap waktu yang dilalui bisa difokuskan untuk berdoa, berdzikir dan ibadah lainnya. Semua urusan duniawi dapat disisihkan terlebih dahulu selama proses ibadah ini. Karena ibadah haji bisa dibilang sekali seumur hidup, belum tentu bisa kembali lagi menuju Baitullah ini. Maka dari itu, manfaatkanlah dengan sebaik – baiknya.


Calon jamaah haji yang dicintai Allah, semoga dengan ulasan di atas bisa menambah azam dalam diri untuk bersegera berangkat ke tanah suci. Bisa menghadap Allah di negeri yang Allah berikan keberkahan di dalamnya menjadi sebuah impian tersendiri. Jika Anda semua sudah meniatkan diri, ada baiknya mencari biro perjalanan haji dan umrah yang terpercaya, aman, dan nyaman. Royal Indonesia termasuk salah satu biro perjalanan yang sudah terbukti membawa jamaah haji Indonesia ke tanah suci dengan baik. Untuk mengetahui info detail pendaftaran dan pelaksanaan keberangkatan haji dan umrah, Anda bisa masuk ke laman www.royalindonesia.id. Semoga Anda bisa segera mendaftar dan menjadi haji yang mabrur. Aamiin ya Rabbal’alaamiin.